Friday, February 1, 2008

Otak Korslet

Sabtu, 26 Januari 2008 | 13:30 WIB

TEMPO Interaktif, Davis :

Mencari wajah yang kita kenal di keramaian ternyata sulit dilakukan oleh otak manusia. Hasil penelitian terbaru membuktikan otak memproses lautan wajah manusia menjadi koleksi garis dan sudut yang kabur. Hasilnya: kebingungan.

Fenomena ini disebut "crowding" dan terjadi ketika seseorang gagal mengenali obyek individual di lingkungan yang semrawut. Malfungsi identifikasi penglihatan ini terjadi karena terjadi sedikit "korsleting" di otak kita, yang berusaha mendata informasi visual yang membanjir yang masuk setiap detik.

"Fenomena ini mengungkapkan salah satu mekanisme fundamental sistem visual mata dan otak kita, yang berusaha mengkonsolidasikan atau menyaring masuknya begitu banyak informasi menjadi sedikit fakta yang berarti," kata David Whitney, psikolog di Centre for Mind and Brain di Universitas California, Davis, Amerika Serikat.

Whitney dan rekan-rekannya melakukan lima eksperimen untuk mengukur rekognisi para partisipan untuk mencari wajah atau rumah yang familiar dari kerumunan wajah dan rumah. Sebuah gambar akan tampil di layar komputer dan obyek penelitian harus mengindikasikannya dengan cepat di mana orang atau rumah yang dikenal.

Hasilnya, para partisipan amat sulit mengidentifikasi wajah yang berada di kerumunan wajah lainnya, sebagaimana yang terjadi di jalanan. Sebaliknya, partisipan tidak mengalami kesulitan mengenali obyek rumah yang menjadi target.

Para peneliti menyatakan hasil observasi dengan menggunakan layar komputer ini berkorelasi lurus dengan kehidupan nyata. Gambar-gambar wajah yang diterima otak saling mengganggu satu sama lain membuat otak kesulitan "memungut" satu wajah dari keramaian.

Hasil studi yang dipublikasikan di Journal of Vision di Amerika Serikat ini memiliki implikasi bahwa kebanyakan individu mengalami masalah identifikasi dalam penglihatan. Dalam jangka panjang, penemuan ini dapat menolong para ilmuwan mengembangkan sistem visual artifisial yang lebih baik dari sistem penglihatan manusia.

AMAL IHSAN | LIVESCIENCE

from here

Recent Comments

My Widget

Visitor Map
Create your own visitor map!
My Blog Juice

Bio News

↑ Grab this Headline Animator

Adv

Label