Tuesday, January 29, 2008

Pengobatan Kanker Juga Bantu Obati Osteoporosis

Washington (ANTARA News) - Obat yang digunakan untuk mengobati kanker tulang sumsum juga dapat membantu mengobati osteoporosis dengan merangsang sel-sel tungkai, kata beberapa peneliti AS, Jumat.

Mereka mendapati bahwa Velcade, yang dibuat oleh Millenium Pharmaceuticals Inc (MLNM.O) untuk mengobati tumor ganda di sumsum tulang, mengaktifkan sel-sel tungkai yang berubah menjadi tulang.

Ujicoba terhadap tikus memperlihatkan membantu mengaktifkan jaringan tulang dan mungkin merupakan pengobatan yang berpotensi bagi osteoporosis, kata satu tim di Massachusetts General Hospital dan Harvard Stem Cell Institute di "Journal of Clinical Investigation".

Ahli sel tungkai di Harvard Dr. David Scadden mengatakan, para ilmuwan telah berharap menemukan cara untuk menggunakan obat guna merangsang sel-sel tungkai, yang merupakan sel pengendali tubuh.

"Terapi sel tungkai seringkali dikira sebagai tindakan memasukkan sel baru ke dalam tubuh, tapi studi ini menunjukkan bahwa pengobatan dapat mengubah sel-sel tungkai yang ada yang terdapat di jaringan tubuh dan bertindak sebagai obat pengaktifan untuk meningkatkan mekanisme perbaikan sendiri tubuh," kata Scadden dalam suatu pernyataan.

"Obat yang mengarahkan sel-sel tak matang untuk menjadi sejenis sel khusus, seperti dalam studi ini, dapat berpotensi sangat bermanfaat," katanya seperti dikutip Reuters.

Velcade, yang secara generika dikenal sebagai "bortezamib", merangsang sel-sel tungkai "mesenchymal", demikian temuan para peneliti tersebut. Sel-sel itu berkembang menjadi zat pembangun-tulang "osteoblast" dan beberapa jenis sel lain termasuk "cartilage", lemak, kulit dan otot.

Ujicoba pada tikus memperlihatkan obat tersebut meningkatkan kegiatan "osteoblast", dan ketika digunakan pada tikus yang menderita osteoporosis, obat itu secara mencolok meningkatkan kepadatan dan susunan tulang.

"Jika paradigma yang terlihat dalam studi ini terbukti benar bagi jaringan lain, kita mungkin memiliki pilihan untuk memperbaiki dan mengaktifkan kembali berbagai tempat yang terpengaruh oleh cedera atau penyakit dengan menggunakan obat --itu akan sangat menggairahkan," kata Scadden. (*)

Copyright © 2008 ANTARA

Recent Comments

My Widget

Visitor Map
Create your own visitor map!
My Blog Juice

Bio News

↑ Grab this Headline Animator

Adv

Label